Jangan Nonton Sendirian! ini dia Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik 2021

SatuKata - Buat  kalian yang baca artikel ini, saya ingin pastiin lebih dulu jika kalian bukanlah orang yang takut menonton film horor ya, Sob!

tirto

Karena rekomendasi film horror dari daftar berikut telah mendapat banyak komentar dari pemirsa pemula sampai pemerhati perfilman. Semua setuju jika beberapa film rekomendasi berikut ini benar-benar menakutkan. Hii……


Dimulai dari alur cerita yang dibungkus oleh si sutradara, penokohan atau watak pemain inti yang kuat, sampai episode jumpscare yang buat pemirsa teriak histeris satu studio.


Rekomendasi film horor Indonesia yang hendak Saya beri ini bukanlah film horor 'plus-plus' yang pernah ramai sekian tahun lalu, jadi dapat dicicipi oleh semua umur. Dan ingat saya garis bawahi "JANGAN NONTON SENDIRIAN"!


Saya pilih beberapa film ini karena sukses memperoleh pembahasan positif dari kritikus film. Disamping itu, beberapa film ini sukses mendapatkan jumlah pemirsa yang banyak, dan memperoleh penghargaan internasional loh.

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik 2021

Tarian Lengger Maut

Rekomendasi film horor Indonesia terkini 2021 ialah Tarian Lengger Maut. Film berjenis horor-thriller yang mengangkat topik budaya tari Lengger yang dari Banyumas.

Selainnya topiknya yang unik, film yang awalannya dengan judul "Detak" ini diperankan beberapa artis terkenal. Seperti Della Dartyan dan Refal Hady.


Tarian Lengger Maut bercerita mengenai dr. Jati (Refal Hady) orang baru yang  bekerja di Dusun Pagar Alas. Tanpa menyengaja dia berjumpa dengan Sukma (Della Dartyan), penari Lengger di situ.


Tidak lama dari kehadiran dr. Jati, kondisi dusun dibikin menakutkan karena lenyapnya banyak masyarakat secara misteri. Masyarakat dusun yakin salah satu langkah untuk hentikan bencana itu ialah melalui ritus Tarian Lengger.


Sukma juga melakukan tarian ini  dengan keinginan yang kuat agar dapat mengungkap siapakah yang berada di balik kasus lenyapnya masyarakat dusun tersebut. Ending film ini sangat plot twist sekali Sob!


"Kuyang the Movie" (2021)

Rekomendasi film horor setelah itu Kuyang the Movie. Film yang diambil dari legenda urban lokal ini sempat tampil di bioskop pada 20 Mei 2021 kemarin.


Kuyang adalah bentuk roh wanita nokturnal yang berupa kepala manusia. Sementara sisi bawah badannya cuman terbagi dalam isi perut yang melekat di kulit dan sisi kepalanya.


Narasi berawal saat Reni (Zora Vidyanata) harus berpindah ke Kalimantan ikuti pekerjaan suaminya, Adi (Arie Dwi Andika). Seorang dokter PNS yang ditugaskan dalam suatu dusun pedalaman.


Reni yang hamil tujuh bulan perlahan-lahan mulai terganggu oleh figur kuyang yang ingin ambil bayi dalam kandungan Reni.


"Ghibah" (2021)

Rutinitas mengulas seseorang, bergosip atau istilah umumnya ghibah bawa bencana untuk Dina, Firly, dan Ulfa, tiga mahasiswi yang tinggal di kontrakan yang sama.


Walau sudah diingatkan oleh penjaga kost untuk tidak lagi  bergunjing  apalagi memfitnah seseorang, ke-3 nya tidak menghiraukan peringatan itu dan peristiwa aneh mulai banyak yang datang.


Firly yang vegetarian mendadak suka konsumsi daging mentah, bahkan juga berbau badannya jadi seperti bangkai.


Film "Ghibah" yang diperankan Verrell Bramasta dan Anggika Bolsterli ini disiarkan secara terbatas di Disney+ Hotstar,


"Titisan Setan 2" (2021)

Film horor terbaik ini sebagai sekuel dari film "Titisan Setan" yang di-launching di tahun 2018 lalu.


Mengusung cerita seorang penjahit namanya Rico yang mendapatkan pesanan gaun dari wanita misteri, "Titisan Setan 2" di perankan bintang-bintang muda seperti Jeff Smith dan Steffi Zamora.


Film ini ajak pemirsa untuk ikuti kasus menakutkan di mana rekan-rekan Rico mulai lenyap secara misteri dan cuman tinggalkan baju yang bertebaran dengan darah, sejak malam pertemuannya dengan wanita tidak dikenali itu.


"Jangan Sendirian" (2021)

Intimidasi makhluk halus penyebar ketakutan dan kecemasan menebar di film "Jangan  Sendirian" yang diperankan Agatha Valerie, Robby Sugara, David John Schaap, dan Jasi Michelle Tumbel.


banner

Namun bagaimana ceritanya, empat figur khusus dalam film ini alami kejadian menakutkan saat sedang sendirian sesudah berkunjung sebuah rumah tua.


Film horor Indonesia terkini ini jadi film paling akhir Robby Sugara.  Dari pendapat dan klaim Robby, film ini minim drama, unsur horror sangat menjadi fokusnya.


"Bangkitnya  Mayit: The Dark Soul" (2021)

Pesugihan yang sudah dilakukan sepasang suami istri Koswara (Clift Sangra) dan Sumi (Endah Pitasari) mengakibatkan desa tempat mereka tinggal diteror oleh iblis namanya Nyai Danan Wati.


Tak Pelak, beberapa korban jiwa berguguran dalam usaha hilangkan teror yang dilaksanakan - sampai pengorbanan diri menjadi tumbal harus dilaksanakan.


Film setan Indonesia yang tampil pada awal tahun 2021 ini sukses menghidupkan bulu-bulu roma di bawah instruksi Brama Yudha Prawira.


"Saya Tahu Kapan Kamu Mati" (2020)

Rekomendasi film horor Indonesia setelah itu "Saya Tahu Kapan Kamu Mati" yang diperankan oleh Natasha Wilona dan Ria Ricis.


Film ini bercerita berkenaan Siena yang mempunyai kekuatan untuk menyaksikan ajal seseorang. Kekuatan ini buat Siena depresi dan orang mulai menjauh darinya.


Satu saat, Siena mendapatkan pandangan jika Brama, kakak kelas yang dia taksir, akan menjumpai ajal. Siena juga usaha gagalkan sekalian ketahui pemicu mengapa dia punyai kekuatan ini.


Menonton Film "Saya Tahu Kapan Kamu Mati" bikin menrinding sob di Disney hotstar tentunya

"Janin" (2020)

Film seterusnya dengan judul "Janin". Film horor Indonesia terkini ini diperankan oleh Jill Gladys, Reuben Elishama, dan Meriam Bellina.


"Janin" bercerita cerita sepasang suami istri yang menunggu kelahiran anak sulung mereka. Sayang, kebahagian mereka berbeda sesudah seorang wanita misteri jadi tetangga mereka.


Semenjak kedatangan wanita itu, sang calon ibu selalu berasa terganggu oleh hantu seorang wanita yang usaha merebut janinnya. Siapakah wanita misteri itu?


"KKN di Dusun Penari" (2020)

Film ke-3 yang berada di daftar ini ialah "KKN di Dusun Penari". Sama seperti yang telah kamu ketahui, film ini diambil dari sebuah cerita trending di Twitter di tahun 2019 tempo hari.


Sesuai narasi aslinya, film ini akan bercerita beberapa mahasiswa yang sedang melakukan KKN dalam suatu dusun. Rupanya, dusun yang mereka datangi sebagai dusun misteri.


Ada enam mahasiswa yang jalani KKN, yaitu Ayu (Aghniny Haque), Nur (Tissa Biani Azzahra), Widya (Adinda Thomas), Wahyu (Fajar Nugraha), Bima (Achmad Megantara), dan Anton (Calvin Jeremy).


Sayang, beberapa dari mereka lakukan tindakan terlarang yang membuat geram penghuni dusun itu. Nyawa mereka juga jadi taruhannya.


"Sebelum Iblis menjemput Ayat 2" (2020)

Sesudah sukses dengan film pertama kalinya, "sebelum Iblis menjemput Ayat 2" akan balik menghantui malam-malammu, Sob! Film ini masih diperankan oleh aktor intinya, Chelsea Islan, sebagai Alfie.


Berdasar waktu dua tahun sesudah peristiwa di film pertama, rupanya intimidasi dari beberapa iblis masih bersambung. Alfie kesusahan untuk meneruskan hidup secara normal.


Selain masih dihantui rasa bersalah, Alfie masih tetap mempunyai pandangan yang tidak lumrah. Lalu, dia berjumpa dengan anak-anak panti asuhan yang dihantui oleh sumpah.


Hal buruk terjadi, karena figur kegelapan yang haus akan jiwa mulai bangun untuk jemput nyawa mereka.


"Mangkujiwo" (2020)

Seterusnya ada "Mangkujiwo" yang menjadi satu diantara rekomendasi film horor Indonesia terbaik.


Film ini menceritakan mengenai asal-usul timbulnya figur Kuntilanak. Dikisahkan jika ada 2 orang yang bentrok, yaitu Brotoseno (Sujiwo Tejo) dan Cokrokusumo (Roy Marten).


Mereka berdua berebutan dampak kekuasaan atas loji pusaka. Pada akhirannya, Cokrokusumo sukses singkirkan Brotoseno melalui beragam jenis fitnah di depan Sinuhun Raja.


Brotoseno juga jadi sakit hati. Dia manfaatkan bayi yang dikandung dengan seorang wanita namanya Kanti (Cinta Abigail), seorang gadis dusun yang dihamili oleh Cokrokusumo, tetapi dipasung karena difitnah memiliki kandungan anak setan.


Kanti pada akhirnya memilih untuk bunuh diri. Namun, bayi yang dikandung oleh Kanti sukses ditolong oleh Brotoseno dan dinamakan Uma (Yasamin Jasem).


Setelah 20 tahun, balas sakit hati Brotoseno akan diwujudkan dengan cara yang tidak pernah dia sangka.


Cuss… nonton Film "Mangkujiwo" di iflix


"Perempuan Tanah Jahanam" (2019)

Joko Anwar kembali menggedor dunia perfilman Indonesia lewat film "Perempuan Tanah Jahanam".


Film horor Indonesia terseram 2019 ini menceritakan mengenai 2 orang wanita kota namanya Maya (Tara Basro) dan Awal (Marissa Anita).


Ke-2 nya lakukan perjalanan ke sebuah dusun terasing. Di dusun itu, ada sebuah warisan famili lama Maya.


Di situ, mereka mendapati sebuah rumah yang besar dan kosong. Keadaan dusun juga terlhat aneh karena banyak pusara anak-anak. Satu malam, Maya ikuti jeritan seorang wanita yang akan melahirkan.


Bermula dari kejadian itu, mistis dusun yang ditempati oleh Maya dan Awal mulai tersingkap.


Mereka berdua sudah lama ditunggu untuk mendekati sumpah yang sudah lama menerpa dusun itu.


"Danur 3: Sunyaruri" (2019)

Sebagai kelanjutan seri film "Danur", "Danur 3: Sunyaruri" kembali diperankan oleh Prilly Latuconsina sebagai Risa.


Kita dapat menyaksikan di beberapa film awalnya jika dia bersahabat dengan beberapa hantu kecil sepanjang tahun.


Saat bergerak dewasa, Risa memutuskan untuk tutup mata batinnya supaya bisa jalani hidup seperti semula. Apa lagi, sekarang dia sudah mempunyai pacar namanya Dimas (Rizky Nazar).


Keputusan itu rupanya mempunyai resiko yang berat. Risa sering alami peristiwa yang aneh sampai mendapatkan teror dari hantu wanita jahat.


Apa Risa sukses tutup mata batinnya? Lalu, bagaimana nasib hubungan dengan teman dekat-sahabat ghaibnya?


"Makmum" (2019)

Diambil dari sebuah film pendek populer, film "Makmum" akan membuat kamu berpikiran 2x bila ingin melakukan beribadah sholat sendirian.


Film horor Indonesia 2019 ini menceritakan Rini (Titi Kamal) yang tinggal kembali di asrama wanita karena keinginan Kinanti (Jajang C. Noer) yang sakit keras.


Saat di sana, dia dan teman-temannya sering dihantui saat sholat. Figur ghaib itu dikatakan sebagai Makmum dan sering turut sholat ada di belakang kita.


Berasa ada yang tidak kelar, Rini memilih untuk menyingkap mistis itu tanpa sadar nyawanya sendiri sedang terancam.


"Kuntilanak 2" (2019)

Sebagai sebuah sekuel film, Kuntilanak 2 menceritakan mengenai Dinda (Sandrinna Michelle Skornicki) yang lolos dari Kuntilanak yang sering menghantuinya.


Kemudian, dia dikasih tahu jika ada seorang wanita namanya Karmila (Karina Suwandi) yang akui sebagai ibu kandungnya. Hal itu membuat Dinda ingin tahu untuk berjumpa dengannya.


Oleh karenanya, dia ajak adik angkat dan teman-temannya untuk pergi menjumpai Karmila. Rupanya, rumah Karmila berada dalam suatu rimba yang kerap jadi tempat orang memperoleh pengetahuan hitam.


Siapakah yang menduga, tatap muka itu membuat Dinda harus kembali bertemu dengan Kuntilanak.


Menonton Film "Kuntilanak 2" bias sobat dapatkan di iflix


"Suzanna: Bernapas Dalam Kubur" (2018)

Sobat telah mengenal dengan satu Ratu Film Horor Suzanna, belum? Nach film horor Indonesia ini di-remake ulangi dengan Luna Maya sebagai aktor intinya.


Sejak teasernya ada, beberapa orang yang kaget dengan keserupaan fisik di antara Suzanna dan Luna Maya, sampai munculkan teori konspirasi jika Suzanna betulan belum wafat.


Menurut beberapa orang yang sudah menonton film horor Indonesia 2018 ini, "Bernapas Dalam Kubur" ialah film horor indonesia yang sukses hidupkan situasi horor sejauh filmnya.


Bebeberapa tehnologi hebat memang disiapkan dengan matang dan detil supaya nuansa menakutkan Suzanna datang lagi dalam film itu.


Meskipun film ini terdengar seperti dua kombinasi film Suzanna sebelumnya yakni "Bernafas dalam Lumpur" (1970) dan "Beranak dalam Kubur" (1971), tetapi tidak ada korelasinya langsung.


Narasi film "Bernapas dalam Kubur" ini betul-betul baru dan benar-benar fresh! Sesekali berlibur tidak boleh nontonin film Korea romantis doang, coba mengajak gebetan kamu menonton Film ini dech, mudah-mudahan Suzanna tidak betulan duduk disamping kamu ya.


Menonton Film "Kuntilanak 2" bisa di Netflix Sob


"Kafir: Bersekutu dengan Setan" (2018)

Diperankan oleh Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Cantik Permatasari, Teddy Syach dan sebagainya, film yang baru launching tanggal 2 Agustus 2018 tempo hari benar-benar mengambil alih perhatian khalayak.


Banyak yang memperbandingkan film ini dengan film Pengabdi Setan, tetapi dengan nuansa dan elemen mistik yang lain.


Film ini sendiri menceritakan sekitar intimidasi yang dirasakan sekeluarga besar sesudah ayah mereka mati tiba-tiba. Apa ada hubungan dengan persekutuan misteri yang dilaluinya?


Ditanggung sesudah menonton film horor indonesia yang ini tidur kamu tidak akan pulas, awas tidak boleh nengok kebelakang!


Film "Bersekutu dengan Setan"  tersedia di Netflix


"Pengabdi Setan" (2017)

Disutradarai oleh tangan dingin Joko Anwar, film horor Indonesia yang go-international ini tawarkan tingkat situasi horor yang lain dengan film setan-setanan yang sempat berada di Indonesia.


Walaupun diadaptasi ulangi dari film horor tahun 80-an dengan judul yang serupa, film ini sukses mengantongi lebih dari empat juta pemirsa di Indonesia saja!


Cerita yang dijadikan film ini simpel. Beberapa kumpulan keluarga diteror mati-matian oleh beberapa kumpulan makhluk gaib yang menakutkan sesudah kematiannya Ibu kandungan mereka.


Tetapi, malah situasi mistis sukses diperlihatkan sejauh durasi waktu pemutaran film dan menakutkan ke semua pemirsa yang ada.


Dari sejak awalnya sampai akhir film kamu tidak bisa menerka jalan cerita yang demikian bagus diperlihatkan dalam film ini.


Film "Pengabdi Setan" dapat anda tonton di iflix


"Ratu Ilmu Hitam" (2019)

Di-launching tahun 2019, film ini memadankan akting menakjubkan dari Ario Bayu, Hannah Al Rashid, dan Adhisty Zara. Film ini sebagai kiprah horor pertama Zara, loh!


Bagusnya, film ini diadaptasi dari film dengan judul sama dengan yang dimainkan Suzanna di tahun 1981. Pada dasarnya, alur ceritanya tidak berbeda jauh dibandingkan film awalnya.


Film "Ratu Ilmu Hitam" menceritakan mengenai perjuangan menantang pengetahuan teluh yang secara sembunyi-sembunyi dikirim ke beberapa orang tersayang. Bagaimana mereka melawannya?


"Surat dari Kematian" (2020)

Jika Sobat adalah mahasiswa yang hoby memburu cerita horor dari segala penjuru Indonesia? Kemungkinan kamu harus melihat film horor yang ini karena relate sekali.


Film "Surat dari Kematian" sendiri menceritakan mengenai kematian 2 mahasiswa. Anehnya, mereka mati tidak lama sesudah membaca sebuah surat yang dicatat tangan 2 tahun kemarin.


Setelah dilacak, mereka awalnya sempat mencari beberapa gedung yang menjadi tempat urban legend horor di kotanya. Apa yang sebetulnya terjadi?

"Rasuk 2" (2020)


Dibuat oleh Dee Company dan Blue Water Film, film ini menceritakan seorang mahasiswi kedokteran yang sebagai seorang indigo namanya Isabella (Nikita Willy).


Pasti ini jadi rintangan tertentu, ingat sebagai calon dokter, Isabella diwajibkan ikuti ujian praktek pada proses otopsi.


Dapat kamu pikirkan, saat jalani ujian otopsi, kamu mendapatkan kemunculan makhluk-makhluk tidak nyata? Bahkan juga ini juga masih belumlah cukup!


Nah, Gimana Sob? masih berani menonton film horor Indonesia yang ada pada daftar ini? Semua populer super horor dan buat tidak dapat tidur.

Berani lah… Masa gak!!


Pastikanlah kamu tidak melihatnya sendirian supaya tidak jerit-jerit tanpa kaawan. Namun jika ngotot ingin sendirian bagus juga sich. 

Itu rekomendasi film horor Indonesia terbaik dan terkini 2021 yang harus kamu saksikan!


Selainnya dapat buat kamu bergidik ketakutan, kamu memberikan dukungan kreasi anak negeri loh dengan melihat beberapa film ini tanpa membajaknya di website streaming film!


Daftar film di atas jadi bukti jika kualitas perfilman Indonesia makin lebih baik. Beberapa sineas tak lagi jual sensualitas di beberapa film horor yang mereka produksi. "Periode kegelapan" industri film horor sudah selesai.


Menurutmu film horor Indonesia apa yang paling menakutkan? Tuliskan pada kolom komentar, ya!


LihatTutupKomentar
banner